Selasa, 29 Mei 2012

Mengenal Morfem


A.      Morf, Morfem, dan Alomorf
Telah kami terangkan di atas, bahwa urutan-urutan seperti buku, mejanya, di, dekat, men, dan kan. adalah bentuk-bentuk atau dengan kata asing morf. Sekarang marilah kita ambil bentuk men, yang terdapat di depan bentuk dengar. Seperti pembicaraan-pembicaraan di atas itu, maka banyak juga kemungkinannya kita akan mendapatkan juga bentuk-bentuk seperti men, meny, dan meng. Secara fonemis bentuk-bentuk itu sebenarnya mirip karena disebabkan oleh perbedaan hambat yang berbeda-beda. Pada permulaan pokok kata (kata), yaitu umpamanya /b/ pada /baca/, /d/ pada /danar/, /j/ pada /jual/, dan /g/ pada /gambar/ (dari urutan-urutan membaca, mendengar, menjual, dan menggambar). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bentuk-bentuk /mam/, /man/, /man/, /man/ adalah mirip susunan fonem-fonem dan lingkupan pengertiannya. Kelas bentuk-bentuk minimal yang sama atau mirip disebut morfem. Segeralah timbul pertanyaan, bagaimana bentuk-bentuk seperti /buku/, /kata/, /serambi/, di atas itu? Bentuk-bentuk atau morf-morf ini, jika kita mendapatkan cukup data, akan terdapat pula berulang, dan karena disebut juga masing-masing morfem, sehingga dapatlah disimpulkan: komposit bentuk pengertian yang terkecil yang sama atau mirip yang berulang disebut MORFEM.
Bentuk atau morf itu terdapat atas sebuah fonem atau lebih baik segmen ataupun prosodi di dalam bahasa Indonesia terdapat urutan-urutan menguntingi, menulisi, membacai, yang masing-masing terdiri atas mengunting + I, menulis + I, dan membaca + I, ketiga akhiran /i/ itu mempunyai pengertian yang sama, sehingga jelaslah sebuah fonem bisa merupakan morf atau morfem, dan bentuk /i/ di atas itu ialah sebuah morfem.
Bentuk-bentuk /mam/, /man/, /man/, /man/, dan /ma/, yang merupakan kelas morfem masing-masing disebut varian morfem itu, atau dengan kata lain alomorf (anggota morfem yang sama). Jadi morfem (maN) mempunyai alomorf-alomorf /mam/, /man/, /man/, /man/, /men/, dan /me/. Morfem-morfem untuk membedakannya dari alomorf-alomorf dituliskan di antara garis condong tunggal.
B.       Prosedur Pengenalan Morfem
Pengenalan morfem-morfem itu dilakukan dengan membanding-bandingkan bagian-bagian yang berulang, dan dengan mengadakan subtitusi. Ambillah urutan-urutan yang berikut: tergigit, termakan, terminum. Kata kenal bagian ter berulang yang mempunyai pengertian yang sama, yaitu ambillah, ‘tak sengaja dilakukan’, dan bagian-bagian yang lain yang bisa saling disubtitusikan, sehingga bisa dimasukkan ke dalam rangka:
Ter

Bila bagian-bagian yang lain itu disubtitusikan terdapat rangka
Ter
gigit
makan
minum
Dan didapatkan bahwa ada suatu perubahan pengertian serentak pada tiap ucapan pada tiap subtitusi itu, bila hal demikian itu terdapat, bagian-bagian yang bisa disubtitusikan itu disebut di dalam kontras. Dengan cara membanding-bandingkan dan kontras-kontras demikian itu kita dapat mengenal morfem-morfem suatu bahasa.
Sering juga bagian yang terdapat di dalam suatu rangka berkontras dengan ‘kekosongan’, artinya terjadi atau tidak, umpamanya:
Jawab
= an
Cobalah membanding-bandingkan dan mensubtitusikan bagian yang berulang di dalam data berikut ini dengan cara seperti di atas itu:
(1)   a. ika ’ ma                    ‘ladangnya’
b. iko ‘ nya                  ‘kelincinya’
c. iway                         ‘rambutnya’
d. ika ‘ pay                  ‘iparnya’
(2)   a. anka ‘ ma                 ‘ladangku’
b. anko ‘ ya                 ‘kelinciku’
c. anway                      ‘rambutku’
d. anka ‘ pay               ‘iparku’
istilah b…, c…, d…, berikut ini jika a diketahui:
(3)   a. inka ‘ ma                  ‘ladangmu’
b. inko ‘ ya                  ‘kelincimu’
c. inway                       ‘rambutmu’
d. inka ‘ way               ‘iparmu’
cara mengenal morfem-morfem itu didasarkan atas tiga prinsip pokok dan tiga prinsip tambahan. Prinsip-prinsip itu ialah sebagai berikut:
C.      prinsip-prinsip Pokok
Prinsip A: bentuk-bentuk yang berulang yang mempunyai pengertian yang sama, termasuk morfem yang sama.
Untuk menerapkan prinsip pertama ini, kami berikan latihan permulaan dengan soal-soal berikut:
Bahasa A:
1.      Kaye                            ‘pohon’
2.      Kayesi                         ‘pohon-pohon’
3.      Pakaye                         ‘ada pohon’
4.      Pakayezi                      ‘ada pohon-pohon’
5.      Maka pakaye               ‘itu adalah pohon’
6.      Maka pakayezi            ‘itu adalah pohon-pohon’
Bahasa B:
1.      Ko , ma           ‘burung’                      7. Inko , ya                  ‘itikmu’
2.      Iko , ma           ‘burungnya’                 8. Anko , ya                ‘itikku’
3.      Inko , ma         ‘burungmu’                 9. Pey                          ‘jari’
4.      Anko , ma       ‘burungku’                  10. Ipey                       ‘jarinya’
5.      Ko ya              ‘itik’                            11. Inpey                     ‘jarimu’
6.      Iko , ya            ‘itiknya’                       12. Anpey                   ‘jariku’
Bahasa C:
1.      Ne?e                ‘kaki’                           11. Kazi?itu                 ‘dagu- dagumu (jamak)
2.      Kane?e            ‘kaki- kaki’                  12. Kazi?idu                ‘dagu- dagu kami’
3.      Ne?ebe             ‘kakinya’                     13. Like                       ‘bahu’
4.      Ne?elu?           ‘kakimu’                      14. Likebe                   ‘bahunya’
5.      Kene?etu         ‘kaki- kaki’                  15. Kalikelu                 ‘bahu- bahumu’
6.      Kane?edu        ‘kaki- kaki kami’         16. Tiara                      ‘telinga’
7.      Zi? I                ‘dagu’                          17. Katiaratu               ‘telinga- telinga’
8.      Kazi? I             ‘dagu- dagu’                                                   ‘kamu (jamak)
9.      Zi?ibe              ‘dagunya’                    18. Katiaradu              ‘telinga- telinga kami’
10.  Zi?ilu?             ‘dagumu’
Di dalam menentukan morfen-morfen yang sesuai dengan prinsip I itu agaknya mudah, karena segalanya jelas, yaitu bahwa persamaan bentuk-pengertian tidak menimbulkan persoalan apa-apa. Tetapi prinsip I itu tidak akan menyelesaikan penemuan semua morfem bahasa. Ambillah contoh bentuk-bentuk mam, man, men, dan ma. Pada ucapan membaca, mendengar, menjadi, menggali, merata, dan melihat. Kita bisa memisahkan ucapan-ucapan itu seperti berikut:
I                                II
Mam                          baca
Man                           danar
Man                           jadi
Men                           gali
Me                             rata
                                  lihat
karena bentuk-bentuk di dalam kolom II terdapat berulang pada ucapan-ucapan yang lain.
Apabila kita memperhatikan benar-benar, perbedaaan-perbedaan susunan fonem-fonem itu hanya pada fonem yang penghabisan, yaitu pada –m, -n, -n, -n, dan o. jika kita mendapatkan tambahan ucapan-ucapan, umpamanya: membeli, membagi, menduga, mendapat, menjual, menjamu, menggoreng, menggulai, merokok, merantau, melompay, dan melempar, akan dapatlah kita ketahui bahwa tiap kali apabila bentuk-bentuk di dalam kolom II itu mulai dengan fonem /b/, kita akan mendapatkan /m/; bila mulai dengan fonem /d/, kita dapatkan /n/; bila mulai dengan fonem /j/, kita dapatkan /n/; bila mulai dengan fonem /g/, kita dapatkan /n/; dan bila mulai dengan fonem-fonem /r/ atau /I/, kita tidak mendapatkan apa-apa (0). Apabila kita bandingkan /b,d,j,g/ dengan nasal-nasal /m,n,n,n/, kita temui bahwa pasangan hambat dan nasal itu adalah sealat (homorganis), sehingga dengan demikian perbedaan-perbedaan bentuk-bentuk dalam kolom I itu dapatlah dijelaskan secara fonologi.
Prinsip B: bentuk-bentuk yang mirip (susunan fonem-fonemnya). Yang mempunyai pengertian yang sama, termasuk morfem yang sama, apabila perbedaan-perbedaannya dapat diterangkan secara fonologis.
Di atas telah pula kami berikan contoh-contohnya dari bahasa kita. Untuk menerapkan prinsip kedua ini, berikut ini kami berikan latihan-latihannya.
Bahasa D:
1.      hu?it                ‘tanganku’                   1a        u?it                  ‘tangan’
2.      ak’an               ‘ayamku’                     2a        k’an                 ‘ayam’
3.      orindu              ‘kukunya’                    3a        rindu                ‘kuku’
4.      owark              ‘isterinya’                    4a        wark                ‘isteri’
5.      sk’om              ‘bahasamu’                  5a        k’om                ‘bahasa’
6.      yap’it               ‘pekerjaanmu’             6a        ao’it                 ‘pekerjaan’
bahasa E:
1.      ni?ank              ‘sapu’                          8          tnu                   ‘menggigit’
2.      natmu              ‘gigi’                            9          hta                   ‘berjalan’
3.      nokim p           ‘debu’                          10        lre                   ‘mendengar’
4.      na?n                 ‘bor’                            11        akni                 ‘melihat’
5.      naire                ‘telinga’                       12        a?n                   ‘membor’
6.      nakni               ‘mata’                          13        okimp              ‘menyeka’
7.      nahta               ‘kaki’                           14        i?ank                ‘menyapu’
Bahasa F:
                                                Tunggal                       Jamak
1.      ‘buku’                          buk                              buks
2.      ‘taksi’                          kab                              kebz
3.      ‘rumah’                        haws                            hawzez
4.      ‘mawar’                       rowz                            rowzez
5.      ‘kucing’                       ket                               kets
6.      ‘babi’                           pig                               pigz
7.      ‘peta’                           mep                             maps
8.      ‘tempat tidur’              bed                              bedz
Prinsip C: bentuk-bentuk yang berbeda susunan fonem-fonemnya, yang tidak dapat diterangkan secara fonologis perbedaan-perbedaannya, masih bisa dianggap sebagai alomorf-alomorf daripada morfem yang sama atau mirip, asal perbedaan-perbedaan itu bisa diterangkan secara morfologis.
Ambillah bentuk-bentuk bertanam, bergaram, berangkat, bekerja, beternak, belajar. Dan kita taruh bagian-bagian yang berulang dalam salah satu kolom, sedangkan kontras-kontras di dalam kolom yang lain seperti:
Ber
Be

Bel


tanam
garam
Angkat
Kerja
Ternak
Ajar
Perbedaan antara ber dan be agaknya dapat diterangkan secara fonologis, yaitu bahwa be tidak mendapat r, jika suku yang mengikuti ialah pepet dan berakhir pada r. tetapi, kita tidak mendapatkan suatu keterangan fonologis mengapa ajar mendapat bel, sedangkan, umpamanya, angkat tidak. Satu-satunya keterangan ialah disebabkan oleh morfem ajar itu sendiri, dan kondisi inilah disebut kondisi morfologis.
Berikut ini kami berikan latihan-latihan menerapkan prinsip ketiga di atas itu:
Bahasa G:
                                                            Aktif                                         Pasif
1.      ‘mengupas’                              waru                                        waruhia
2.      ‘membawa’                             amo                                         amohia
3.      Memindah’                              unu                                          unuhia
4.      ‘memeluk’                               afi                                            afitia
5.      ‘memanjat’                              piki                                          pikitia
6.      Bertemu’                                 tuutaki                                     tuutakitia
7.      ‘menjahit’                                tui                                            tula
8.      ‘mendayung’                           hoe                                          hoea
9.      ‘mencukur’                              heu                                          heua
10.  ‘mengigit’                                nau                                          maua
Bahasa H:
                                                            Tunggal                                   jamak
1.      ‘rumah’                                    talo                                          talot
2.      ‘kata’                                       sana                                         sanat
3.      ‘jalan’                                      tie                                            tiet
4.      ‘pohon’                                    puu                                          puut
5.      ‘tanah’                                     maa                                          maat
6.      ‘pantai’                                    ranta                                        rannat
7.      ‘malam’                                   ilta                                           illat
8.      ‘sungai’                                   virta                                         virrat
9.      ‘panen’                                    sato                                          sadot
10.  ‘air’                                          vers                                          vedet
Bahasa I:
                                                            Tunggal                                   jamak
1.      ‘kutu’                                      kamla                                       kamal
2.      ‘pohon’                                    sijra                                          sijar
3.      ‘daun’                                      worka                                      worak
4.      ‘mawar’                                   xamin                                      xsum
5.      ‘kulit’                                      jelid                                         jlud
6.      ‘mulut’                                     halig                                        hlug
7.      ‘gunung’                                  jibal                                         jbal
8.      ‘anjing’                                    celib                                         clab

D.      Prinsip-prinsip Tambahan
Prinsip-prinsip ini sebenarnya hanya merupakan kesimpulan saja dari pada prinsip-prinsip pokok, akan tetapi untuk memudahkan pendekatan, maka keduanya pun dinyatakan di sini secara eksplisit, untuk menghindarkan penafsiran yang mungkin berbeda-beda. Sebagai akibat prinsip pokok A, bisa diambil kesimpulan, yang merupakan
Prinsip D: bentuk-bentuk yang sembunyi (homofon) merupakan:
(1)     Morfem-morfem yang berbeda apabila berbeda pengertiannya;
(2)     Morfem yang sama, apabila pengertiannya yang berhubungan (atau sama) diikuti oleh distribusi yang berlainan;
(3)     Morfem-morfem yang berbeda, biarpun pengertiannya berhubungan tetapi sama diatribusinya.
Sebagai contoh kondisi I terdapatlah di dalam bahasa Indonesia bentuk-bentuk seperti bisa ‘racun’ dan bisa ‘dapat’; sedang ‘cukupan’ dan sedang ‘lagi’; buku ‘kitab’ dan buku ‘sendi’. Sebagai contoh kondisi II bolehlah disebutkan bentuk kaki di dalam bahasa Indonesia. Ambillah kaki yang berdiri di depan bentuk-bentuk kuda, amat, orang, dan lain sebagainya sebagai kaki dan yang berdiri di depan bentuk gunung sebagai kaki. Oleh sebab itu, karena kaki mempunyai pengertian yang berhubungan, katakanlah “bagian bawah sesuatu”, maka kedua bentuk bisa dianggap morfem yang sama. Contoh lagi kondisi 3 ialah di dalam kalimat “mereka berebutan kursi itu” orang tidak tahu apa maksud kursi itu, artinya bisa yang satu maupun yang lain. Oleh sebab itu, bentuk-bentuk kursi itu hendaklah dianggap sebagai dua morfem yang berlainan.
Latihan. Sebutkan bentuk-bentuk yang mana yang sebunyui dan berhubungan artinya. Dan tentukan apakah merupakan morfem-morfem yang berbeda dan morfem yang sama (alomorf-alomorf):
1          he shot a crow ‘ai menembak burung gagak’
1a        they crow about it ‘mereka membanggakannya’
2          he bought a board ‘ia memveli papa’
2a        board and room is expensive ‘makanan dan pondokan mahal’
3          he sells finh ‘ia menjual ikan’
3a        he likes to fish ‘ia suka mengail’
4          the men is there ‘orang laki-laki itu disana’
4a        they men the ship ‘mereka menganak buahi kapal’
5          they put a cross on the roof ‘mereka menaruh silang diatas atap’
5a        the boys cross the road ‘anak-anak laki-laki itu menyebran jalan’
6          he killed the boar with a spear ‘ia membunuh babi hutan itu dengan tombak’
6a        natives spear fish here. ‘orang pribumi “mengail” ikan dengan tombak disini’
7          I bought a can of kerosene yesterday. ‘saya membeli sekaleng minyak tanah kemarin’
7a        they can mangoes in bali. ‘orang yang mengalengkan mangga di bali’
Prinsip E : suatu bentuk biasa dinyatakan sebagai morfem, apabila :
1        berdiri sendiri
2        merupakan perbedaan yang formil di dalam suatu deretan struktur
3        terdapat didalam kombinasi-kombinasi dengan usur lain yang terdapat berdiri sendiri atau didalam kombinasi-kombinasi yang lain pula.
Bentuk ter- pada terbang tidak mempunyai pengertian dan-bang pada terbang itu pun tidak mempunyai pengertian pula, dan jelas tidak mempunyai pengertian seperti bang yang berdiri sendiri tetapi pada bentuk-bentuk tertidur, terjatuh, terlelan, dan tergilas, umpamanya, bentuk ter- itu bisa di sendirikan dan mempunyai pengertian yang tetap sehingga bisa dianggap sebagai perbedaan yang formil dalam deretan struktur tidur dan tertidur, jatuh dan terjatuh, telan dan tertelan, serta gilas dan tergilas, sehingga merupakan morfem tersendiri. Oleh sebeb itu, keterangan-keterangan yang menyatakan bahwa dari deretan bentuk-bentuk gelar, talar, ular, dan jalar itu akan akar, tidaklah dapat dibenarkan, karena ge, ta, u, dan ja- tidak mempunyai arti sama sekali, biarpun mungkin terdapat pula pada bentuk-bentuk gelang, talang, ulang, dan jalang.
Sebagai contoh kondisi ketiga, kita ambil bentuk-bentuk dalam bahasa inggris conceive, receive, perceive, conduce, reduce, contain, retcin, pertain. Secara mudah dapatlah dikatakan bentuk-bentuk di atas itu dalam kolom-kolom berikut :
con
re
per/
pro
ceive
diuce
tain
Sehingga dengan demikian terdapatlah morfem-morfem {con}, {re}, {per/pro}, {ceive}, {duce}, {tain}.
Sebagai prinsip tambahan yang terakhir disebutkan di sini:
Prinsip F: a. Jika suatu bentuk terdapat di dalam kombinasi satu-satunya dengan bentuk lain, yang pada gilirannya terdapat berdiri sendiri atau di dalam kombinasi dengan bentuk-bentuk lain, bentuk di atas itu dianggap morfem juga.
b. Jika di dalam suatu deretan struktur terdapat perbedaan yang tidak merupakan bentuk, melainkan suatu kekosongan, maka kekosongan itu dianggap sebagai:
1) Morfem tersendiri, apabila deretan struktur itu berurusan dengan morfem-morfem;
2) Alomorf dari suatu morfem, apabila deretan struktur itu berurusan dengan alomorf-alomorf suatu morfem.
E.       Ujud Morfem
Di dalam membicarakan ujud morfem orang sengaja diselewengkan oleh kebiasaannya di dalam mempergunakan tulisan, yang terdiri atas huruf-huruf yang menyatakan bunyi-bunyi, sedangkan tanda-tanda lain kurang atau hampir tidak diperhatikannya. Oleh karena itu, orang segera menyatakan bahwa ujud morfem hanyalh satu, yaitu terdiri atas unsur-unsur yang diwakili oleh huruf-huruf, yaitu tidak lain ialah fonem-fonem.
Di dalam tinjauan di bawah ini sangkaan itu dibuktikan kesalahannya, dan akan jelas terlihat bahwa morfem-morfem bisa mempunyai ujud yang bermacam-macam. Jadi ujud morfem-morfem itu terdiri atas sebuah fonem atau lebih. Bentuk-bentuk seperti /i/, /pa/, /ter/, /mata/, /pohon/, /tetapi/, dan lain sebagainya merupakan contoh-contoh wujud morfem yang hanya terdiri atas fonem-fonem segmen belaka. Seandainya ditambahkan fonem-fonem prosodi pada morfem-morfem semacam itu, tak akan mengubah hakekat morfem-morfem itu.
Morfem-morfem yang terdiri atas fonem-fonem prosodi melalui tidak banyak terdapat, dan bila terdapat tentulah selalu bersama-sama fonem-fonem segmen. Di dalam hal ini, bila ada urutan fonem-fonem segmen bersama-sama dengan fonem (-fonem) prosodi, pengertiannyalah tentu rangkap, yaitu fonem-fonem segmen menyatakan konsep yang satu, sedangkan fonem (-fonem) prosodi menyatakan konsep yang lain lagi. Dalam hal ini bahasa-bahasa Indian Amerika dan bahasa-bahasa Afrika banyak terdapat mempunyai morfem-morfem prosodi nada.
Bandingkanlah bentuk-bentuk berikut ini yang diambil dari bahasa cultatec dari meksiko:
                                    Menulis                                   membuat                    
Saya                            idahuu                                     idii
Kita                             idahuhu                                   idio
Kami                           idahuunu                                 idiinu
Akan dapat kita ketahui bahwa morfem ‘saya’ ialah nada tinggi, dan bisa di tandai sebagai V. contoh lain kami berikan dari bahasa Mongbandi dari Kongo:
                                                Bentuk dengan                                    Bentuk dengan
                                                Subyek Tunggal                                  Subyek Jamak
‘pergi’                                      gwe                                                     gwe
‘berenang’                               ngbo                                                    ngbo
Dengan begitu morfem “subyek tunggal” ialah V, sedangkan morfem subyek jamak ialah V.
Yang kami maksud dengan gabungan fonem-fonem prosodi dan keprosodian ialah intonasi atau lagu kalimat. Pada umumnya fonem-fonem prosodi yang dipakai ialah nada, yang digabungkan engan persendian perhatikanlah perbedaan antara:
                      2          3                                  3          1
          1)         # amat                         makan #
                      2          3                                  3          1
          2)         # amat                         makan #
Dengan singkat bisa dikatakan, bahwa intonasi # [2] 2 3 (1) # adalah berita, sedangkan # [2] 2 3 2 # adalah Tanya.
Yang lebih rumit, dan mungkin karena itu jarang dan hampir tak pernah dipakai oleh bahasa-bahasa di dunia ini, ialah mengadakan gabungan antara nada, tekanan, dan persendian, yaitu bagi bahasa-bahasa yang mempunyai tekanan sebagai fonem.
Ujud yang terakhir ialah ujud morfem yang terujud, yaitu apabila hanya bermanifestassikan kosong. ‘ujud’ atau lebih tepat terujud ini hanya mungkin secara teoritis analisis saja. Secara umum bisa digambarkan sebagai berikut:
Bentuk                                              konsep
1.      X + Y                                          A + B
2.      X                                                 A + C
3.      X + Z                                          A + D
4.      X + W                                         A + E
 Jelas terlihat bahwa bentuk (2), yaitu X, yang mengandung konsep A+C bisa dikatakan rangkap. Jadi, jika dilihat pada (1), (3) dan (4), X sendiri mengandung konsep A, mestinya konsep C denyatakan dengan kosong atau tak adanya bentuk. Untuk memberikan pengertian ini ilmu bahasa memakai penandaan O, jadi {O} ‘C’, artinya bentuk tanujud ini mengandung konsep ‘C’.
Hendaklah diingat bahwa ahli bahasa tidak bisa secara mana suka menciptakan morfem-morfem tanujud atau kosong. Mestilah ada tekanan struktur kebasaan. Maka ia disahihkan oleh analogi itu untuk mengadakan morfem-morfem kosong atau tanujud itu, sebab apabila morfem-morfem kosong boleh diciptakan semua ahli bahasa saja, sebuah bahasa dengan morfem-morfem kosong belaka.
Di dalam bahasa inggris terdapat pula bentuk tanujud. Ambillah bentuk-bentuk berikut:
          Tunggal                                   jamak  
          Buk                                         buks                             ‘buku’
          Beg                                          begs                             ‘tas’
Haws                                   hawsez                           ‘rumah’
          Siyp                                         siyp                              ‘domba’
Bentuk tanujud pada /syip/ itu bukanlah morfem, melainkan hanyalah alomorf daripada morfem jamak saja.
F.       Jenis-jenis
Jenis-jenis morfem bisa ditentukan oleh dua macam cerita yaitu kriterium hubungan dan kriterium distribusi.
1.        Secara Hubungan
Menilik hubungan struktur morfem-morfem dibagi menjadi tiga macam, yaitu morfem-morfem yang bersifat tambahan (aditif), yang bersifat penggantian (replasif), dan yang bersifat pengurangan (substraktif).
Menilik hubungan posisi terdapat juga tiga jenis morfem, yaitu yang bersifat urutan, yang bersifat sisipan, dan bersifat simultan. Ketiga jenis ini dengan mudah diketahui apabila diterangkan dengan memakai morfem-morfem imbuhan dan morfem-morfem yang lain.
2.        Secara Distribusi
Telah kami jelaskan di atas, bahwa jenis-jenis morfem yang ditentukan oleh distribusinya ada dua, yaitu morfem-morfem bebas dan morfem-morfem terikat. Morfem-morfem bebas ialah morfem-morfem yang dapat diucapkan tersendiri, seperti kursi, dinding, atas. Morfem-morfem terikat ialah morfem-morfem yang tak pernah di dalam bahasa yang wajar di ucapkan tersendiri morfem-morfem ini umpamanya ter-, -I, -an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komantarnya bossss