Sabtu, 23 Juni 2012

Terjemahan Buku Chambers Sosiolinguistic Teory


BAB 1
KORELASI

Buku ini tentang variasi bahasa dan arti sosialnya. Sampai saat ini, literatur penelitian pada topik ini, dan temuan pertama lebih dari 30 tahun yang lalu sampai yang paling terakhir, banyaknya sampai pada akumulasi yang luar biasa. Hal ini meliputi beberapa penemuan yang paling mendapatkan perhatian dalam sejarah yang panjang dan pertanyaan manusia ke dalam struktur dan fungsi bahasa. Tujuan saya adalah membuat suatu sintesis kriitik seperti pada kebanyakan penelitian, besar dan kecil, seperti yang bias saya tangani dalam sampul sebuah buku.
Lihat jalan itu, topik saya mungkin nampak baik. Tetapi ada paham yang sempit. Arti sosial variasi bahasa hanya satu aspek dari disipilin sosiolinguistik. Saya hanya akan mcnghubungkan dengan apa yang mungkin disebut dialektologi urban, dengan tekanan atau dialek sebagai suatu lambang dan suatu kelompok individu  jenis kelamin, umur, suku, ambisi, atau beberapa atribut sosial lainnya. Ketika kita mempertimbangkan sejumlah besar dan kegunaan bahasa dalam interaksi kita sehari - hari dengan orang lain, anti sosial sungguh tidak mencakup banyak daerah.
1.1 Daerah Sosiolinguistik
Sosiolinguistik, sebagai pelajaran sosial yang menggunakan bahasa, meliputi sejumlah besar penyelidikan. Biasanya, secara sederhana kita memungkinkan berbagai cara dalam rnenggunakan bahasa dalam interaksi sosial karena menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sehari hari. Kadang kadang sulit bagi masyarakat untuk memahami percakapan ringkas di telepon yang memungkinkan menjadi menarik sebagai suatu objek pelajaran linguistik yang serius. Kadang – kadang juga sulit bagi mereka untuk memahami tentang diri kita, latar belakang, kegemaran, serta karakter kita dalam pertukaran verbal yang paling sederhana.
Kenyataannya, kita tidak perlu terbawa oleh perasaan dalam berkhayal tentang dunia yang berlebihan. Semua yang benar - benar dibutuhkan adalah tingkat objektivitas keinginan untuk melangkah kembali dan merefleksikan di atas sejumlah kesimpulan individu ketika mereka terlibat dalam suatu percakapan. Jenis yang terbaik dan percakapan untuk merefleksikan informasi adalah hampir linguistik ekslusif, seperti ketika anda mendengarkan suatu percakapan di antara orang asing yang duduk di belakang anda di sebuah bus atau ketika anda menerima sebuah panggilan telepon dan yang benar - benar orang asing. Dalam hal seperti ini, anda mulai menukar dengan sangkaan dan pengetahuan yang minim. Jenis kesimpulan yang anda buat dibagi ke dalam lima kategori umum. Pada bagian berikut, saya menamainya personal, gaya bahasa, sosial, sosiokultural dan sosiologi. 

Untuk lebih lengkap download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komantarnya bossss