Kamis, 07 Juni 2012

Makalah Sifat Bahasa


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Bahasa dan berbahasa adalah dua aspek yang berbeda. Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi, sedangkan berbahasa adalah proses penyampaian informasi dalam berkomunikasi itu. Kajian ilmu yang mempelajari kedua hal tersebut juga berbeda. Para pakar linguistik deskriptif biasanya mendefinisikan bahasa sebagai “suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer” yang kemudian lazim ditambah dengan’ yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasikan diri”. (Chaer, 1994). Bagian utama dari definisi ini menyatakan hakikat bahasa itu dan bagian kedua  menyatakan apa fungsi bahasa.
            Bagian tambahan dari definisi di atas menyiratkan fungsi bahasa dilihat dari segi sosial, yaitu bahwa  bahasa adalah alat untuk berinteraksi atau alat komunikasi dalam masyarakat. Tentu saja dalam konsep linguistik deskriptif tentang bahasa, tidaklah lengkap, sebab bahasa bukan hanya sebagai alat interaksi sosial melainkan juga memiliki fungsi dalam berbagai bidang lain. Itulah sebabnya mengapa psikologi, antropologi, etnologi, neurology, dan filologi juga menjadikan bahasa sebagai salah satu objek kajiannya.
             Salah satu kajian ilmu yang yang bersentuhan langsung dengan linguistik adalah psikologi. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Keterkaitan antara linguistik dan psikologi adalah karena dalam melakukan kegiatan berbahasa terdapat proses mental yang terjadi dalam jiwa. Artinya, perilaku-perilaku manusia ditunjukkan melalui bahasa.
B. Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah keterkaitan antara psikologi dengan linguistic dalam pemahaman dengan sifat bahasa, khususnya struktur, fungsi, dan proses bahasa? 
2.  Bagaimanakah keterkaitan antara psikologi dengan linguistic dalam pemahaman kalimat (sentences comprehension) khususnya, mengenai proses pembentukannya dan pendekatan (sintaksis dan semantic) yang digunakan?

Untuk lebih lengkap Download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komantarnya bossss